"Hidup itu Indah" jika kita memaknai segala apa yang telah terjadi

Selasa, 05 April 2011

Cara Kerja Internet Chat & Instant Messaging


                  - Cara kerja Instant messaging :
Ada dua komponen pokok dalam cara kerja IM, yaitu: client dan server. Client adalah pengguna IM sedangkan server adalah penyedia layanan. Aplikasi clien berfungsi sebagai antar muka di sisi pengguna, sedangkan aplikasi yg tertanam di server berfungsi sebagai perantara, untuk mengontrol traffic dan penyimpanan data kontak milik pengguna/ client. Aplikasi clien berfungsi sebagai antar muka di sisi pengguna, sedangkan aplikasi yg tertanam di server berfungsi sebagai perantara, untuk mengontrol traffic dan penyimpanan data kontak milik pengguna/ client. Nantinya server akan bertugas sebagai storage sementara untuk menampung pesan yg dikirim ke client yg sedang offline. Saat client on line, server secara otomatis akan mengirimkan pesan dan data di server akan terhapus satelah pesan terkirim.
Secara garis besar, interaksi dimulai dari client, tepatnya saat mereka meminta izin melalui username dan password. Oleh aplikasi client, dua eleman ini diteruskan ke server untuk dicek, apabila data yg dikirim sesuai maka server akan mengirimkan data kontak serta menampilkan status client. Pada kondisi seperti ini selanjutnya server akan berperan sebagai jalur lalu lintas data bagi setiap client.
Namun ada juga komunikasi tanpa perantara server, sistem ini berlaku untuk pengiriman file non-teks, contohnya: file berupa gambar, video, audio. pengiriman file ini dilakukan langsung antar pengguna/ client. Sistem ini disebut peer-to-peer (gambar 2), syaratnya kedua client harus dalam kondisi aktif saat melakukan pengiriman data, koneksi antar client juga harus stabil. Apabila pada saat melakukan pengiriman salah satu koneksi client terputus, maka proses pengiriman dipastikan akan gagal.

0 komentar:

Posting Komentar